Blog Pengagum Megono

Bukan blog tentang masak-memasak

Memilih Jurusan Kuliah yang Cocok


Masa SMA akan segera berakhir dan masa kuliah telah menunggu. Mmm, pasti kalian yang baru saja lulus dan berniat melanjutkan ke bangku kuliah sudah memikirkan jurusan-jurusan apa kelak yang akan dipilih. Namun terkadang karena saking banyaknya pilihan jurusan itu membuat kita bingung mau memilih yang mana. Nah, berikut ini ada beberapa panduan dan tips dalam memilih jurusan yang cocok dan sesuai dengan diri kita.

Memilih Jurusan Kuliah yang Cocok

Memilih Jurusan Kuliah yang Cocok

Sesuaikan dengan minat
Bagi yang sudah mempunyai cita-cita, maka carilah jurusan yang dapat mengantarkan kalian ke pekerjaan yang telah dicita-citakan. Sesuaikan juga dengan minat dan bakat sekarang ini. Misalkan saja kamu mempunyai hobi mengutak-atik mesin motor dan kamu meyukai hal itu, maka jurusan teknik mesin bisa menjadi pilihan yang cocok untuk kamu. Jangan sampai kamu masuk jurusan teknik sipil misalnya, tapi kamu gak suka dengan itung-itungan. Nah, yang seperti itu nantinya yang bisa menjadi masalah buat kamu di kemudian hari.

Cari informasi sebanyak-banyaknya
Ada pepatah yang berbunyi: “tak kenal maka tak sayang”. Pepatah itu berlaku juga ketika kalian akan memilih jurusan kuliah. Carilah informasi sebanyak-banyaknya untuk bahan pertimbangan memilih jurusan. Kalian bisa bertanya ke kakak kelas atau ke saudara kalian yang sudah masuk kuliah. Kalian juga bisa memanfaatkan internet untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang jurusan dan perguruan tinggi yang kalian incar.

Akomodasi pendukung kelancaran perkuliahan
Kuliah memerlukan biaya yang banyak, seperti biaya belajar, biaya hidup, dan biaya transportasi. Maka pilihlah perguruan tinggi yang biayanya tidak terlalu tinggi namun berkualitas. Nah lo! Susah khan cari yang kayak gitu. Tapi tenang, jangan khawatir. Jika kamu telah mengincar jurusan di suatu perguruan tinggi dan ternyata dananya tidak mencukupi. Kamu dapat mencari beasiswa, keringanan dari kampus, atau kerja paruh waktu. Jadi intinya jangan jadikan uang uang sebagai faktor penghambat masa depan kalian.

Masa depan karir
Apakah jurusan yang kalian ambil nanti dapat mengantarkan kalian untuk mendapatkan karir yang baik? Walaupun demikian, jangan tergiur dengan prospek lulusan kerja karena rekruitmen perusahaan dalam mencari tenaga kerja saat ini memungkinkan para sarjana bekerja jauh menyimpang dari jurusan yang diambilnya waktu kuliah.

Perlu diingat, kuliah itu tidak bertujuan untuk mencari uang atu pekerjaan. Kuliah adalah sebuah kesempatan untuk mencari ilmu, pengalaman dan tentunya gelar sarjana. Oleh karena itu, kuliahlah di jurusan yang cocok dengan kepribadian, minat, dan bakat agar nantinya ketika sudah duduk di bangku kuliah kalian bisa belajar dengan lancar tanpa beban dan lulus tepat waktu. Janganlah memilih jurusan secara asal-asalan karena akibatnya fatal, prestasi belajar bisa menurun atau bahkan yang lebih parah lagi kalian bisa di-DO (drop out) karena tidak mampu mengikuti perkuliahan.

Dikutip dari koran harian Suara Merdeka tanggal 14 Mei 2011
Source gambar: sembilanjari.blogspot.com

About these ads

3 responses to “Memilih Jurusan Kuliah yang Cocok

  1. Alif 07/04/2011 at 2:48 pm

    Wah makasih artikelnya.

  2. Ahmad 08/06/2011 at 11:59 am

    Yap sama2, thx udah mampir :)

  3. sang pelajar bodoh 10/27/2011 at 8:25 pm

    milih jurusan itu susah ya ;(

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: